by

Kepala LLDikti, Pentingnya Jabatan Fungsional Dosen

-Akademik-401 views
Kepala LLDikti IX Sulawesi, Prof. Jasruddin bertemu dosen Unika Mamuju, foto ISM

Karewata.com_Mamuju- Kepala LLDikti Wilayah IX Sulawesi Prof Jasruddin bertemu dengan sejumlah dosen lingkup Universitas Tomakaka Mamuju, beliau menekankan pentingnya jabatan fungsional bagi dosen tetap.

“Tidak boleh lagi mengajar, tanpa Pangkat Akademik atau Jabatan Fungsional, nanti juga bisa menaikkan point akreditasi kampus jika banyak dosen memiliki pangkat akademik, karena dosenlah yang nantinya akan membuat Perguruan Tinggi menjadi lebih bagus, ujar Prof Jas dihadapan dosen Unika,  Jum,at 12 mei 2019.

Beliau juga mengharapkan, dosen tidak hanya mengajar di ruangan tetapi lebih diharapkan banyak melakukan praktek langsung yang sesuai kebutuhan pasar, agar mahasiswa atau lulusan yang diciptakan bisa membuka lapangan kerja minimal bagi dirinya sendiri, bukan pencari kerja, atau hanya mengejar PNS. Indonesia 80 persen sarjananya mengangur.  

Mahasiswa lebih baik diarahkan meneliti atau melakukan sesuatu seperti PPL, Magang, dan KKN yang terintegrasi dengan tugas akhir mahasiswa, bukan lagi KKN masa lalu, seperti membuat papan nama jalan, cat pagar.

Prof. Jas sapaan akrab beliau, mengutarakan mahasiswa coba diajak berfikir luas, berfikir Luar Negeri, ajak mereka keluar kota magang atau PPL bahkan KKN keluar Negeri, minimal memiliki Paspor, makanya ada perguruan tinggi (PT) sekarang mewajibkan mahasiswa mamiliki paspor kenapa,  minimal berpikir luar negeri dulu atau berfikir Umroh, sehingga terbuka wawasanya.

Selain itu menyarankan agar memebuka program studi (prodi) baru yang kekinian seperti pendidikan Vokasi yang menunjang pada penguasaan atau keahlian tertentu yang bekerjasama dengan perusahaan-perusaahaan yang lulusannya langsung siap kerja.

Kepala LLDikti Wilayah IX Prof Jasruddin menyempatkan bertemu dengan dosen Unika, setelah tiba di Mamuju dalam rangka menghadiri Wisuda Universitas Tomakaka besok Sabtu, 13 Juni 2019 di ballroom hotel D, Maleo Mamuju.

Sekedar diketahui, setelah  terbitnya Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 dan 46 Tahun 2013, tentang Jabatan Fungsional Dosen dan angka kreditnya, bahwa semua dosen harus memiliki Jabatan Fungsional Akademik.

  1. Pimpinan PTS yang dosennya belum memiliki Jabatan Fungsional Akademik agar segera diusulkan.
  2. Bagi Dosen yang tidak memiliki Jabatan Fungsional Akademik paling lambat tanggal 30 Juni 2019, tidak diperkenankan melakukan proses pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

Editor : Assyamsaleh

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed