by

Harga Semen di Sulbar Meroket

-News-328 views

Karewata.com_Mamuju- Kenaikan harga batu bara membuat ongkos produksi semen semakin mahal. Harga batu bara yang meroket ternyata berdampak buruk pada industri semen.

kenaikan harga batu bara global sudah naik dua kali lipat hingga September menjadi US$ 200 dollar per ton. Membuat harga batu bara untuk industri semen juga melonjak. Dari sebelum akhir 2020 antara Rp 550 – 600 ribu per ton, kini naik Rp 1,1 – 1,2 juta per ton.

Bedasarkan informasi masyarakat di Kabupaten Mamuju, Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UMKM, melalui tim Bidang perdagangan melakukan wawancara langsung kepada toko bahan bangunan yang ada di Mamuju dengan mengambil sampel pada Toko Fajar Mas dan Toko Mitra Listrik Rabu, 17 November 2021.

Menurut Kasi Perdagangan Luar Negeri Muh. Rusdin, ST., M. Si , Ada 3 faktor utama harga semen di Mamuju mengalami kenaikan drastis yaitu :

1.       Faktor kenaikan karena harga bahan baku pembuatan semen naik

2.       Suplai batubara yang kurang ke perusahaan semen dimana biaya bahan bakar 30% dari biaya pembuatan semen

3.       Kelangkaan solar sehingga ekspedisi ke mamuju berkurang

Harga semen Tonasa Rp. 59.000,-, Bosowa Rp. 55.000,- ribu, Tiga roda Rp. 57.000,- dan diperkirakan anak terus mengalami kenaikan atas kenaikan harga batu bara glogal.

penulis Ri 28

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed