by

Hasil Visitasi, 40 sekolah di Sulbar berstatus TT.

-News-147 views

karewata.com_Mamuju – Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah (BAN SM) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan ferivikasi terhadap hasil validasi akreditasi tahun 2021 sebanyak 243 sekolah dan madrasah.

Ketua BAN SM Sulbar, Dr H Amran HB mengatakan, hasil pleno mengeluarkan rekomendasi sebanyak 40 sekolah dintayakan tidak terakreditasi.

“Bahkan ada satu sekolah direkomendasikan untuk dimerjer dan dua sekolah direkomendasikan untuk di tutup,” kata Amran HB. Kamis (25/11/2021).


Amran mengungkapkan, dari hasil visitasi tahun ini dari 40 sekolah tidak terakreditasi tersebut sebagian besar sekolah dasar (SD) dan SMP.

“Pertanyaannya dana bos yang digelontorkan untuk SD dan SMP ini dikemanakan,” pungkasnya.

Tak hanya itu, dia juga mempertanyakan sejauh mana pihak dinas pendidikan di kabupaten melkaukan pembinaan terhadap SD tersebut.

Sementara itu, sekolah yang terakreditasi 203, masing-masing 159 terakreditasi C, 21 terakrediasi B, dan 23 terakreditasi A.

Ironisnya, dari 23 sekolah terakreditasi A tak satu pun sekolah SMA maupun SMK. Hanya ada 14 SD, 4 MI, 1 SMP, 1 MTs dan 3 MA.

Kemudian terakreditasi B, dari 21 sekolah masing-masing SD 5, SMP 5, M.Ts 8, SLB 1 dan SMA hanya 2 sekolah.

Lalu, terakreditasi C, masing-masing SD 55, MI 9, SMP 37, M.Ts 6, SMA 8, MA 14, SMK 19, dan SLB 11 sekolah.

Amran menekankan, penggunaan dana bos yang dialokasikan pemerintah setiap tahun dengan jumlah miliaran dikelola dan diawasi dengan baik.

“Satuan pendidikan kita masih sangat memprihatikan, pemkab harus lebih serius melihat kondisi satuan pendidikan, baik tingkat dasar maupun menengah pertama,” tuturnya.

Dikatakan, harus lebih dibina, hal tersebut karena berkaitan dengan hak dasar masyarakat dalam memperolah pendidikan layak dan kewajiban pemerintah dalam penyediaan sarana pendidikan.

“Utamanya ini soal pemanfaatan dan pengawasan dana bos, masa dana bos selalu miliaran tapi sekolah jelek terus,” pungkasnya. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed