by

Beri Kuliah Umum, Ratih dan Dr. Fadli Minta Kembangkan dan Terapkan Teknologi di Sektor Pertanian dan Perikanan di Sulbar

-Akademik-491 views

Karewata.com_Mamuju- Fakultas Pertanian Universitas Tomakaka Mamuju sukses melaksanakan kegiatan Kuliah Umum dengan tema “Strategi Peningkatan SDM, Transformasi Sektor Pertanian dan Perikanan di Masa Pandemi dan Era Industri 5.0 ”.

Kegiatan tersebut berlangsung secara daring melalui aplikasi zoom meeting Senin, 5 Juli 2021 mulai pukul 15:30 – 17:30 Wita.

“Dalam Era Industri 5.0 ini yang perlu di kembangkan yaitu karakter, empati, serta toleransi karena kita di tuntut untuk brfikir secara kritis dan kreatif, hal ini di lakukan guna menciptakan SDM yang Unggul dan berkualitas.

Untuk mewujudkan hal tersebut langkah yang seharusnya dilakukan dalam menyiapkan SDM di  Indonesia yaitu memperkuat kualitas pendidikan dan kompetensi bagi para mahasiswa, campur tangan dari berbagai pihak lain juga sangat di butuhkan, karena agak sulit jika hanya mengandalkan lembaga pendidikan saja,

Jadi seluruh elemen masyarakat mulai dari Pemerintah pusat dan daerah, bahkan organisasi-organisasi non pasif serta masyarakat harus terlibat dalam pengembangan SDM”, ujar Ratih Megasari Singkarru, M.Sc selaku Anggota DPR-RI Sulbar.

Ia berharap “Dengan adanya SDM yang baik dan berkualitas kita mampu membentuk generasi milenial yang mampu menerapkan teknologi ke dalam sektor pertanian dan perikanan, Apalagi di masa pandemi saat ini di harapkan sektor pertanian dan perikanan terus meningkat untuk mengakselerasi agar produktivitas tetap membaik, tujuannya agar ketahanan pangan nasional dan kesejahteraan petani dan nelayan dapat terjaga” imbuhnya.

Sementara itu pemateri ke dua Dr. Fadli Syamsudin, M.Sc Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulbar mengungkapkan saat ini Sulbar masih berada pada titik revolusi industry 3.0 di mana penerapan teknologi belum merata dan maksimal khususnya di sektor pertanian dan perikanan”,

“Tetapi seiring berjalannya waktu dan tuntutan zaman maka Sulbar akan mampu berada pada titik revolusi industri 5.0” imbuhnya.

Kegiatan yang di adakan oleh Fakultas Pertanian Unika Mamuju ini bersifat gratis dan terbuka untuk umum. Sehingga sangat memberikan kemudahan dan kesempatan untuk para masyarakat, khususnya para generasi muda dalam kalangan manapun untuk ikut bergabung dan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun semangat para generasi muda dalam membangun startegi peningkatan SDM serta Transformasi dalam sektor pertanian dan perikanan di masa pandemi dan era industri 5.0.

Kegiatan ini di akhiri dengan sesi tanya jawab. Peserta kuliah umum yang hadir mencapai 100 partisipant sesuai kapasitas zoom meeting dari 4 kabupaten yaitu Majene, Mamuju, Mateng dan Mambi Mamasa,

Penulis : Tika K Mahasiswa Faperta Unika

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed